9 Fakta Menarik Untuk Disimak

Sunday, October 3, 2010

1. Tercepat di alam semesta: tachyon

Tachyons adalah partikel yang kelas putative mampu berjalan lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Tachyons memiliki sifat aneh,
ketika mereka kehilangan energi, mereka mendapatkan kecepatan. Akibatnya, ketika tachyons mendpatkan energi, mereka melambat. Kecepatan paling lambat mungkin untuk tachyons adalah kecepatan cahaya.

2. Objek terkecil di alam semesta: Quark

quark adalah suatu partikel dasar dan konstituen dasar materi.
Ukuran quark adalah kira-kira 0,000000001 nm atau 0,000000000000000001 meter.

3. Struktur terbesar di alam semesta: Sloan

Sloan Great Wall adalah dinding raksasa dari galaksi dan struktur terbesar yang diketahui di alam semesta dengan panjang besar 1,3 x 100.000.000.000.000.000.000.000 m.

4. Objek dunia yang paling mahal: ISS

The International Space Station (ISS) atau Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah sebuah fasilitas pengembangan penelitian internasional. Pembangunan stasiun ini dimulai pada 1998 dan dijadwalkan selesai pada akhir 2011. Total biaya ISS diperkirakan 157 miliar USD.

5. Orang dengan IQ tertinggi di seluruh dunia: Marilyn Vos Savant

Pada tahun 1985, diterima Guinness World Records bahwa ia telah menjawab semua pertanyaan dengan tepat pada tes Stanford-Binet IQ pada usia dewasa hanya 10, tes yang memberikan nilai IQ tertinggi yaitu 228.

6. Orang terkaya di dunia: Carlos Slim

Carlos Slim Helu adalah raja bisnis Meksiko dan ketua dan CEO Telmex, Telcel, dan América Móvil. Pada April 2010, ia adalah orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sekitar US$ 60,6 miliar.

7. Terpanas yang pernah tercatat: Quark-gluon plasma.

Analisis terbaru dari Relativistic Heavy Ion Collider (RHIC) menetapkan bahwa tabrakan ion emas hampir berkecepatan cahaya telah menciptakan pada suhu sekitar 4 triliun derajat Celcius. Suhu terpanas yang pernah dicapai dalam laboratorium dan sekitar 250.000 kali lebih panas daripada pusat Matahari.

8. Terdingin yang pernah tercatat: Cooled Sodium gas

Para peneliti dari NASA dan MIT telah mendinginkan gas sodium suhu terendah yang pernah tercatat - satu setengah milyar derajat di atas nol mutlak. Pada suhu nol mutlak (-273 derajat Celsius), semua gerak molekul akan berhenti total sejak proses pendinginan telah diekstrak semua energi dari materi.

9. Makhluk hidup terbesar yang pernah tercatat: The Great Barrier Reef

Gambar satelit bagian dari The Great Barrier Reef dianggap oleh beberapa tindakan makhluk hidup terbesar di dunia. Beberapa kelompok organisme bersama untuk membentuk superorganism, meskipun ini tidak bisa benar-benar digolongkan sebagai salah satu organisme besar. The Great Barrier Reef, terumbu karang terbesar di dunia, membentang 2.000 km, adalah kumpulan dari banyak organisme.

0 komentar:

Post a Comment